Penjelasan Singkat Tentang Biaya dan Beban

Penjelasan Singkat Tentang Biaya dan Beban - Blog Sistem Informasi Akuntansi ini adalah blog yang akan menjelaskan banyak istilah dan materi dalam akuntansi. Seperti kesempatan kali ini, akan menjelaskan hal dasar dalam akuntansi, yaitu biaya dan beban. Dalam ilmu akuntansi, di antara biaya (cost ) dengan beban ( expense ) dibedakan pengertiannya karena dalam semua pembahasan akuntansi kedua istilah tersebut memang berbeda.




Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa cost itu mempunyai pengertian bahwa kita mempunyai sumber daya perusahaan yang terbatas dan untuk mendapatkannya diperlukan sejumlah pengorbanan atau pengeluaran tertentu. Bila kita tarik suatu contoh bahwa semua saldo akun-akun dalam neraca adalah wujud daripada cost tersebut. Maka ambillah contoh asuransi yang dibayar dimuka, ini merupakan cost atau saldo cost yang masih ada yang belum menjadi beban ( expense).

Sedangkan kita sudah sama-sama maklum bahwa ada istilah yang lain yang dinamakan dengan beban (expense ). Maka beban itu sendiri terjadi karena dua sebab, hal pertama yang berasal dari cost yang sudah expired ( melampaui masanya ) dan yang kedua karena penggunaan maksudnya beban itu hadir kalau kita sudah melakukan pemakaian tertentu atau utilitas. Misalmya : penggunaan air (PAM), listrik (PLN ), telpon & speedy ( TELKOM), dst.

Demikian adalah Penjelasan Singkat Tentang Biaya dan Beban, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel