Macam-Macam Jenis Hutang dan Penjelasannya



Macam-Macam Jenis Hutang dan Penjelasannya - Dalam akuntansi, banyak sekali istilah seperti jurnal, debet kredit, dan masih banyak lagi istilah yang harus dipahami. Begitu pula dengan macam-macam jenis hutang, berikut ini penjelasan Kewajiban , Hutang , Pasiva dan Liabilities.

Yang dimaksudkan dengan hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya adalah pembayaran uang, serta penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.

1. Hutang Lancar / Kewajiban Lancar / Current Liabilities

Hutang lancar adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam tempo satu tahun.
Contoh : hutang dagang, atau beban yang harus dibayar, bisa juga hutang dagang dan hutang pajak, pendapatan diterima di muka, dan lain sebagainya.

2. Hutang Jangka Panjang / Long-Term Liabilities

Hutang jangka panjang adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari setahun.

Contoh : Hutang hipotek atau juga hutang obligasi yang jatuh tempo lebih dari setahun, bisa juga hutang pinjaman jangka panjang, dan lain sebagainya.

3. Hutang lain-lain / Other Payable

Perkiraan atau akun ini digunakan untuk mencatat hutang lain yang tidak termasuk pada hutang lancar dan hutang jangka panjang.

Contoh : uang jaminan atau hutang pada pemegang saham, dan lain sebagainya.


Demikian adalah Macam-Macam Jenis Hutang dan Penjelasannya, simak juga berbagai macam artikel penting lainnya di blog Sistem Informasi Akuntansi yang satu ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel