Minggu, 20 Desember 2015

Penjelasan Akun Kontra Pembelian





Penjelasan Akun Kontra Pembelian - Pada kesempatan kali ini, blog Sistem Informasi Akuntansi akan membahas beberapa istilah yang mendasar dalam akuntansi. yakni Akun Kontra Pembelian.
Akun Kontra Pembelian atau Purchase Contra Accounts

Akun Kontra Pembelian maksudnya adalah akun yang bersifat mengurangi Pembelian yaitu akun DISKON PEMBELIAN dan akun RETUR DAN POTONGAN PEMBELIAN


BACA JUGA: 5 Game Ringan HD Untuk Hp Spek Kentang

Penggunaan akun DISKON PEMBELIAN dan akun RETUR DAN POTONGAN PEMBELIAN, bila perusahaan menggunakan SISTEM PERIODIKAL. Jadi sebagaimana ANDA sudah mengetahuinya bahwa yang dinamakan dengan sistem persediaan periodikal adalah sistem pencatatan persediaan yang dilakukan pada akhir periode akuntansi dengan melakukan perhitungan terhadap harga pokok penjualan dan persediaan akhir. Maka semua dilaksanakan dengan stock opname secara fisik terhadap persediaan.

DISKON PEMBELIAN

Akun ini digunakan untuk mencatat adanya sejumlah diskon pembelian yang diterima perusahaan karena perusahaan telah membayar utang dagangnya dalam periode diskon. Jadi dengan term 2/10, n/30 artinya kalau membayar dalam waktu 10 hari sejak tanggal transaksi maka perusahaan menerima diskon pembelian 2% dari jumlah utang dagangnya. Akan tetapi paling lama harus dibayar dalam tempo 30 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar