Rabu, 02 Desember 2015

Penjelasan Aktiva

Penjelasan Aktiva - Ada banyak sekali materi yang harus diperhatikan dan dipelajari dalam Sistem Informasi Akuntansi, salah satunya adalah aktiva. Lantas apakah yang dimaksudkan dengan aktiva? Aktiva merupakan kemampuan perusahan untuk memiliki harta untuk kegiatan perusahaan. Jadi, si Aktiva ini bisa dibeli dengan hutang atau sisa kas perusahaan dalam bentuk modal. Maka karena itu dalam neraca kita kenal persamaan aktiva= hutang + modal.

 

Rumus di atas sangat familiar bukan? memang suatu rumusan yang dipakai dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan memperoleh harta dengan cara berhutang. Kemudian didalam kegiatan sehari-hari kita mengenal kata berhutang. Misalnya saja suatu perusahaan perlu mesin dengan cara berhutang. Maka jurnalnya adalah sebagai berikut ini :

Mesin                             100.000,- —————————–>Aktiva

Hutang Dagang                   100.000,———————————>Hutang

Berandai-andailah perusahaan sudah maju, maka mesin yang didapatkan dengan cara memberi uang muka dahulu, lantas sisanya diangsur. Maka otomatis jurnalnya yang demikian ini.

Mesin                             100.000,- ——————————->Aktiva

Kas                                            20.000,- ——————————->Modal

Hutang Dagang                    80.000,———————————>Hutang

Kita lihat suatu transaksi pasti melibatkan dua ledger atau buku besar yang berseberangan. Maka itu artinya, buku besar atau ledger berseberangan adalah berlawanan. Sangat tidak mungkin satu transaksi melibakan ledger yang satu arah. Jika satu arah artinya ledger yang berada dalam satu kelompok debet atau kredit. Serta dalam satu transaksi pasti melibatkan kelompok debet dan kredit.

Demikian adalah Penjelasan Aktiva secara singkat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar