Senin, 28 Desember 2015

Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai dan Sudut Proses Kegiatan

Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai dan Sudut Proses Kegiatan - Memang tidak diragukan lagi bahwa akuntansi memiliki peranan penting dalam kehidupan bisnis saat ini. Karena banyak bidang yang berkaitan dengan akuntansi yang sebagian besar digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri, baik itu perusahan kecil hingga perusahaan besar sekalipun pasti menggunakan sistem akuntansi. Tak perlu diragukan lagi bahwa banyak sekali manfaat akuntansi dalam bisnis, lantas apa pengertian akuntansi itu? Berikut ini adalah Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai dan Sudut Proses Kegiatan :





1.Definisi Akuntansi dari Sudut Pemakai

Akuntansi sangat umum didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang menyajikan suatu informasi yang diperlukan dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan ekonomi secara efisien. Jadi akuntansi dari sudut ini adalah informasi yang dihasilkan akan diperlukan untuk:

a. Membuat suatu perencanaan, sebuah pengawasan yang efektif, serta pengambilan sebuah keputusan ekonomi oleh manajemen.

b. Pertanggung-jawaban manajemen entitas bisnis kepada para investor atau pemilik, pada kreditor, pada pemerintah dan pihak-pihak yang membutuhkan.

Dari definisi tersebut, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

a. Akuntansi dijalankan dalam suatu entitas, karena pada umumnya berupa entitas perusahaan atau bisnis. Maka akuntansi akan menghasilkan informasi yang berupa informasi mengenai organisasi atau entitas.

b. Informasi akuntansi dipergunakan untuk pengambilan suatu keputusan intern organisasi atau entitas(manajemen), juga pengambilan suatu keputusan oleh pihak ekstern organisasi, yakni investor atau pemilik, pada kreditor, dan juga pihak eksternal lain.

BACA JUGA: Ini Dia Rahasia Agar Jerawat Hilang Dalam 3 Hari!!!


2. Definisi Akuntansi dari Sudut Proses Kegiatan

Akuntansi merupakan adalah suatu proses pencatatan, proses penggolongan atau pengklasifikasian, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi atau entitas. Maka melalui definisi ini, kita akan menunjukkan kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan meliputi berbagai macam kegiatan.
Jadi pada dasarnya, macam ilmu akuntansi berfungsi sebagai :

1. Mengidentifikasi data yang berhubungan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2. Memproses dan atau menganalisa data-data yang relevan.
3. Mengolah data menjadi suatu informasi handal yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai Definisi Akuntansi Dari Sudut Pemakai dan Sudut Proses Kegiatan, simak juga berbagai macam artikel tentang Sistem Informasi Akuntansi lainnya di blog ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar