Kamis, 10 Desember 2015

Akun Kontra Penjualan

Akun Kontra Penjualan - Memang bagi sebagian orang akuntansi itu susah, sangat sulit, bikin bingung dan membosankan. Itulah pendapat yang jujur, memang bukan penjelasan yang salah, karena kenyataannya memang begitu. Para akuntan sukses juga dulu menganggap bahwa belajar akuntansi sangat sulit, karena banyak itung-itungan nggak jelas dan kadang-kadang bikin kepala mumet dan stress. Kalau anda membuka posting ini tentu anda akan bertanya-tanya, memangnya apa sih yang dinamakan dengan akun kontra penjualan? Akun kontra penjualan itu maksudnya adalah akun-akun atau rekening-rekening yang dibuka untuk mengurangi jumlah penjualan kotor. Maka akun-akun tersebut meliputi :



DISKON PENJUALAN (SALES DISCOUNT)

Diskon penjualan diartikan sebagai diskon yang diberikan kepada pelanggan yang telah membayar hutangnya dalam periode diskon. Periode diskon telah dimanfaatkan oleh kustomer dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan sejumlah pengurangan harga. Diskon penjualan yang diberikan tergantung pada termnya misalnya 2/10, n/30 artinya diskon diberikan kepada pelanggan yang membayar dalam tempo 10 hari sejak tanggal transaksi jual beli mendapatkan diskon penjualan sebesar 2% dari total transaksi.

RETUR DAN POTONGAN PENJUALAN (RETURNS AND ALLOWANCES DISCOUNT)

Adanya barang dagangan yang diterima kembali dan adanya barang dagangan yang dikurangi nilai penjualannya karena berbagai alasan dimasukkan sebagai retur dan potongan penjualan.

Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar