Senin, 22 Desember 2014

ENTITAS BISNIS DALAM PERUSAHAAN

Akuntansi menyajikan informasi keuangan suatu entitas. Salah satu jenis entitas di dunia bisnis adalah perusahaan (firm/company), yaitu organisasi yang menjalankan aktivitas bisnis untuk memperoleh laba. Contoh perusahaan antara lain toko buku, supermarket, perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI), PLN (Perusahaan Listrik Negara), Perusahaan Telkom, Perusahaan Pertamina, Bank Syariah, dsb.

Perusahaan terdiri dari banyak jenis yang dapat berbeda-beda dalam status hukum, dan ukurannya. Dari usahanya, terdapat 3(tiga) jenis perusahaan;

a.    Perusahaan jasa (service firms)
b.    Perusahaan dagang (merchandizing firms), dan
c.    Perusahaan manufaktur (manufacturing)

Berdasarkan bentuknya, perusahaan dibagi menjadi 3 (tiga) jenis perusahaan;

a.    Perusahaan perseorangan (sole proprietary),
b.    Perusahaan persekutuan (partnership), dan
c.    Perusahaan perseroan (limited company)



Akuntansi dirancang dan dikembangkan mengikuti jenis atau bentuk entitasnya. Oleh karena itu adalah hal yang wajar jika terdapat beberapa ragam pencatatan akuntansi di antara jenis-jenis perusahaan. Namun demikian, sebenarnya proses sistematis akuntansi yang dikembangkan adalah sama meskipun tidak identik. 

Oleh karena itu, meskipun sekarang ini membahas akuntansi keuangan di perusahaan jasa, khususnya perseroan terbatas. Namun demikian, pengetahuan akuntansi yang dibahas saat ini juga berlaku di entitas-entitas yang lain seperti misalnya perusahaan dagang dan manufaktur baik yang berbentuk perusahaan perseorangan maupun persekutuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar