Sabtu, 01 November 2014

Apa itu Akuntansi???

Apa itu Akuntansi???
Arti Akuntansi , Akuntansi merupakan proses mengidentifikasi, mengukur, mencatat dan mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari suatu organisasi (bisnis maupun nonbisnis) kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi bisnis tersebut (pe ngguna informasi).

Mengidentifikasi
  • Memilih peristiwa-peristiwa yang merupakan aktivitas ekonomi dari suatu organisasi.
Mengukur
  • Peristiwa ekonomi yang telah dipilih, harus diukur dalam satuan mata uang (rupiah). Suatu transaksi yang tidak dapat dinyatakan dalam ukuran rupiah, secara akuntansi tidak dapat dikategorikan sebagai transaksi.
Mencatat
  • Peristiwa yang dapat dinyatakan dalam satuan ruoiah dicatat secara kronologis dengan cara yang sistematik. Dalam pencatatan ini, akuntan juga melakukan klasifikasi dan peringkasan.
Mengkomunikasikan
  • Penyajian informasi keuangan (dalam bentuk neraca, laba rugi, dan lain sebagainya). Salah satu elemen yang penting dalam proses pengkomunikasian informasi adalah kemampuan untuk menginterpretasikan laporan. Interpretasi ini mencakup kemampuan untuk menganalisis dan menjelaskan maksud, manfaat, serta keterbatasan data yang dilaporkan.
Asumsi-asumsi yang digunakan sebagai dasar dari proses akuntansi adalah:

Asumsi entitas ekonomi. Entitas ekonomi dapat berupa suatu organisasi atau unit dalam masyarakat.Asumsi ini menyatakan bahwa setiap peristiwa ekonomi dapat diidentifikasi untuk satu unit entitas. Dengan asumsi ini maka, aktivitas dari suatu entitas dapat dipisahkan dan dibedakan dengan (1) aktivitas dari pemilik entitas tersebut dan (2) aktivitas dari entitas-entitas yang lain.

Asumsi unit moneter. Asumsi ini menyatakan bahwa hanya transaksi yang dapat dinyatakan dalam satuan moneter yang dapat dicatat dalam catatan akuntansi dari suatu entitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar